Instalasi Produksi Air Bersih (IPA)
Minimize
Untuk melayani wilayah pelayanan Kota Medan dan sekitarnya PDAM Tirtanadi memiliki 6 unit Instalasi Pengolahan Air ditambah beberapa unit sumur bor dalam.Sumber air baku yang digunakan ada merupakan sumber mata air, air permukaan (sungai dan danau) dan air bawah tanah (sumur dalam)
 
IPA Sibolangit
Memiliki kapasitas 644 lt/det. IPA ini merupakan IPA pertama yang dimiliki oleh PDAM Tirtanadi yang dibangun pada tahun 1907 oleh Pemerintah Belanda.
 
IPA Sunggal
Merupakan Instalasi Pengolahan Air pertama dengan sistem pengolahan lengkap yang mengolah air Sungai Belawan. Dibangun pada tahun 1969 dengan kapasitas produksi 1800 lt/det.
 
IPA Deli Tua
DIbangun pada tahun 1989 dengan kapasitas produksi sebesar 1450 lt/det. Air baku yang digunakan diambil dari Sungai Deli.
 
IPA Belumai (PT Tirta Lyonaise Medan)
Air baku yang digunakan berasal dari Sungai Belumai. Instalasi Pengalahan Air lengkap ini dibangun oleh PT Tirta Lyonase Medan dengan sistem BOT (built, operate and transfer) Kapasitas produksi sebesar 500 lt/det.
 
IPA Limau Manis
Dioperasikan sejak tahun 2006 dengan kapasitas produksi 500 lt/det. IPA ini dibangun melalui proyek MMUDP III yang didanai oleh ADB.
 
IPA Hamparan Perak
Dioperasikan sejak tahun 2005 dengan kapasitas produksi 200 lt/det. IPA ini dibangun dengan menggunakan konsep turn key.